Thursday, October 13, 2016

Makna dan Arti Logo OSIS SMK N 3 Magelang




Dapat dilihat diatas adalah lambang OSIS yang dipakai di seluruh sekolah di INDONESIA. Sekarang langsung saja berikut penjelasan dari Lambang OSIS tersebut :


1.Bunga Bintang Sudut Lima dan Lima Kelopak Daun Bunga
Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukka kemurnian jiwa siswa yang berintikan pancasila dan ada 5 jalan yang dilukiskan diantaranya :
    1. Abdi yang berasal dari kata mengabdi
    2. Adab yang berasal dari kata sopan dan santun
    3. Ajar yang berasal dari kata mengajar
    4. Aktiv yang berarti orang yang melakukan kegiatan atau suatu ivent tertentu
    5. amal yang berasal dari kata beramal

2. Buku Terbuka
Belajar keras menuntut ilmu dan teknologi adalah merupakan sumbangsih nyata para siswa/i terhadap pembangunan bangsa dan negara yang maju dan merdeka. Para siswa/i harus berkompeten atau memiliki perpaduan antara pengetahuan , skill (keterampilan) , attitude (sikap) . Agar Bangsa ini bisa lebih maju.

3. Kunci Pas
Kemajuan bekerja keras untuk menggapai segala cita” dan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain , dan dapat diartikan bahwa kunci pas adlah suatu kunci dari permasalahan yang muncyl pada negara kita . Bahwa tidak ada masalah yang tidak ada kunci atau jalan keluar untuk menumkan titik penyelesaian pada masalah itu.

4.Tangan Terbuka
Ketersediaan menolong orang lain yang lemah dan sedang berada dalam kesulitan sesama siswa atau masyarakat yang memerlukan bantuan atau pertolongan .

5. Biduk
Sebuah perahu yang melaju diperlautan untuk hidup dimasa depan yang cerah dan penuh dengan segala aktivitas yang positif . Siswa harus mempunyai tujuan hidup yang jelas agar kedepan memperoleh kehidupan yang bagus.

6. Pelangi Merah Putih
Suatu wujud gambaran masyarakat mengenai pancasila  yang menunjukkan masyarakat yang adil dan makmur . Gambaran/jembatan masyarakat menunju ketujuan nasional (masyarakat yang adil , makmur yang digambarkan atau dilambangkan padi kapas )

7. Butir Padi, 8 Lipatan Pita, 4 Kapas, 5 Daun Kapas
Siswa harus menegakkan nilai-nilai perjuangan 45 sebagai kader bangsa dan pembangunan.

8. Warna Kuning
Warna kehormatan generasi muda dipercaya untuk berbuat baik melalui organisasi demi Nusa dan Bangsa.

9. Warna Cokelat
Dalam berfikir, bertingkah laku harus berpijak pada tanah air budaya bangsa.

10. Warna Merah Putih
Suci, berani dalam membela kebenaran.

0 comments:

Post a Comment